Wajib Tahu! 4 Pekerjaan di Bidang Digital Marketing

 Setelah memahami tentang digital marketing dan digital marketer pada postingan sebelumnya. Artikel ini akan membantu kamu yang tertarik untuk terjun berkarier di bidang digital marketing. Tapi, tunggu sebentar, deh. Kamu yang tertarik bidang digital marketing, kamu harus tahu kalo ada banyak jenis pekerjaan yang ada di bidang ini. Udah tahu belum?

Pekerjaan di bidang digital marketing semakin hari semakin banyak dibutuhkan. Wajar aia sih, bayangin aja jumlah penduduk yang besar di Indonesia yang menggunakan internet dalam kehidupan sehari-harinya. Lebih dari 200 juta penduduk dan mayoritas sudah aktif menggunakan internet. Ini jelas merupakan peluang (opportunity) yang besar bagi para pelaku bisnis untuk melakukan marketing dengan pendekatan digital. Oke, setelah tahu prospek yang bagus di bidang ini, kamu pasti makin tertarik pengen tahu, kan?

Ada pekerjaan apa saja, sih emangnya di bidang digital marketing ini?

Sebenernya ada banyak banget pekerjaan yang berada di bidang ini ataupun terkait dengan bidang ini. Berikut ini ada empat pekerjaan yang bakalan dibahas.

Sumber: pexels.com/@george-milton/

1.     Content Strategist & Specialist

Content strategist atau juga bisa dikenal dengan social media strategist merupakan seseorang yang bertugas untuk mengembangkan, menetapkan, dan memantau strategi content marketing untuk memenuhi kebutuhan sasaran bisnis dan audiens yang ditargetkan. Oleh karena itu, seorang content strategist harus mampu menganalisis traffic social media dengan memiliki kemampuan SEO (Search Engine Optimization). Kemudian, berkaitan dengan content strategist, social media specialist merupakan sebuah profesi dimana seseorang bertugas menyusun konten yang sebelumnya telah dirancang oleh seorang content strategist atau social media strategist. Konten-konten yang dihasilkan ini dapat berupa video, podcast, artikel, ataupun poster (gambar).

2.     Content Writer

Penulis konten ini merupakan seorang profesional yang bertugas menulis konten berupa artikel menarik dan informatif. Seorang content writer bertanggung jawab memproduksi konten tertulis sebaik mungkin yang akan dipublikasikan ke blog, website, dan platform lainnya. Artikel ini memiliki tujuan utama untuk membantu suatu bisnis untuk membangun brand awareness dan menunjukkan produk mereka ke publik. Di Indonesia, seoseorang yang disebut content writer biasanya merujuk ke orang yang menulis untuk artikel blog. Di mana peran content wrtiter ini sangat penting sebagai “one of the wheels”-nya content marketing.

3.     Copywriter

Copywriter adalah seseorang yang bertugas menulis copy kreatif dan persuasif untuk berbagai konten dan media. Namun, copywriter tidak selalu menulis copy yang berhubungan dengan iklan saja. Oleh karena itu, copywriter juga terdiri dari beberapa jenis, antara lain adalah social media copywriter, marketing copywriter, brand copywriter, dan SEO copywriter. Seorang copywriter membuat sebuah tulisan dengan tujuan utama mengajak orang lain untuk berinteraksi dengan sebuah produk. Untuk menjadi seorang copywriter, kemampuan yang harus dimiliki yakni mengolah kata menjadi kalimat ajakan untuk melakukan sesuatu dan persuasif.

4.     Desain grafis

Pekerjaan desain grafis atau seorang desainer grafis memiliki pekerjaan menyiapkan segala bentuk material untuk diubah menjadi bentuk visual. Di mana termasuk di dalamnya, membuat rencana dan konsep dari segala informasi yang akan diberikan oleh klien. Desainer grafis ini juga merupakan salah satu pekerjaan yang penting karena desain adalah salah  satu bagian dari marketing, sebagai salah satu tool untuk menarik target pasar. Untuk menjadi desain grafis, seseorang harus memiliki kemampuan menggunakan beberapa software editing and design seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustration, Canva, Figma, dan lain sebagainya.

Itu tadi merupakan penjelasan singkat menegnai pekerajan di bidang digital marketing untuk kamu yang teratrik berkarier di bidang ini. Jadi, apakah ada pekerjaan yang menarik minatmu atau sesuai passion-mu? Atau, tertarik mempelajari digital marketing lebih lanjut secara lebih profesional? Untuk kamu yang tertarik untuk berkarier di bidang digital marketing tapi bingung mulai dari mana, tenang guys. Kamu bisa langsung ikut SertifikasiDigital Marketing di Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Digital Indonesia. Dengan mendalami bidang ini dan mendapatkan sertifikasi yang relevan tentunya akan menjadi salah satu poin plus untuk kualifikasimu, loh.

Komentar

Postingan Populer