Digital Marketer: 4 Skills You Need

Setelah memahami tentang digital marketing pada postingan sebelumnya. Artikel ini akan membantu kamu yang tertarik untuk menjadi seorang digital marketer yang andal. Tapi, tunggu sebentar, deh

Kamu yang tertarik bidang digital marketing udah tahu belum tentang digital marketer?

Pemasar digital atau digital marketer merupakan sebuah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk menggunakan berbagai saluran digital untuk membangun kesadaran merek atau brand awareness, meningkatkan traffic, menentukan konsumen potensial, dan lain-lain. Saluran digital yang digunakan ini meliputi website perusahaan, jaringan media sosial seperti (Facebook, YouTube, dan Instagram), search engines (Google dan Bing), email pemasaran, aplikasi seluler (TikTok dan WhatsApp), iklan online, hingga Blog.


sumber: pexels.com/@mikael-blomkvist

Untuk memenuhi tanggung jawab tersebut digital marketer harus membekali dirinya dengan beberapa kemampuan atau skill. Berikut ini ada empat skills atau keterampilan yang umumnya penting untuk dimiliki oleh seorang digital marketer.

1.     Data Analytics

Kemampuan analisis data ini merupakan kemampuan dalam memanfaatkan perangkat lunak modern atau analytic tools untuk mengumpulkan dan memproses segala informasi target pasar. Informasi ini dapat diperoleh dari interaksi online, di mana interaksi online ini dapat berupa konten yang dikonsumsi, transaksi online, history penelusuran (interest), dan informasi relevan lainnya yang berakitan dengan bisnis. Dengan sejumlah analytic tools daring yang sekarang tersedia, digital marketer menjadi relatif lebih mudah untuk menganalisis dan membuat keputusan pemasaran yang relevan.

2.     Content Creation

Poin utama dari pemasaran digital adalah menghasilkan konten yang akan menarik audiens target bisnis. Tujuannya tidak hanya untuk membuat konten berkualitas tinggi dan konten ramah SEO, tetapi juga untuk memahami proses bagaimana cara efektif membuat konsumen terlibat (interactive). Pembuatan konten yang sifatnya fresh and timeless ini penting, loh. Hal ini bertujuan supaya kapanpun ada calon konsumen mengakses konten akan selalu terasa relevan dan tidak ketinggalan zaman.

3.     SEO & SEM

Algoritme Google terus terbarukan dan kepentingan dalam menggunakan keywords yang relevan dan spesifik terus meningkat. Oleh karena itu, Search Engine Optimization (SEO) menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki setiap pemasar digital untuk mendukung semua level pemasaran digital. Selain itu, kemampuan Search Engine Marketing (SEM) atau bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian melalui kegiatan promosi website juga sangat penting untuk dimiliki.

4.     Communnication Skills

Keterampilan komunikasi yang baik dalam pemasar digital mencakup variabel seperti menyebarkan pesan yang berdampak, membangun kepercayaan, dan membangun hubungan. Seorang digital marketer harus memiliki kemampuan untuk melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda atau out of the box, sehingga dapat mengekspresikan ide dengan cara yang akan mudah dipahami (komunikatif), menarik, sekaligus menghibur (entertaining) audiens.

Itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai 4 kemampuan digital marketer yang hukumnya wajib untuk kamu ketahui untuk mempersiapkan diri sebagai digital marketer yang andal. Jadi, apakah kamu merasa sudah memiliki skills tersebut? Atau, tertarik mempelajarinya lebih lanjut secara lebih profesional? Untuk kamu yang tertarik banget pengin berkarier jadi digital marketer tapi bingung mulai dari mana, chill guys. Kamu bisa langsung ikut Sertifikasi Digital Marketing di Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Digital Indonesia.

Komentar

Postingan Populer