Digital Marketing: Things You Need to Know
Di era ini, semuanya selalu tentang digitalisasi dan modernisasi. Di mana digitalisasi ini juga tentunya masuk ke ranah ekonomi dan bisnis. Salah satu istilah yang sering terdengar adalah digital marketing. Pasti banyak orang sudah familiar dengan istilah ini.
Tapi, kamu udah tahu belum tentang digital
marketing?
Oke, buat kamu yang belum tahu, simak
postingan ini sampai selesai!
Apa itu digital marketing?
Pemasaran
digital atau digital marketing merupakan penggunaan atau pemanfaatan
media digital untuk memasarkan produk dan layanan untuk menjangkau konsumen. Digital
marketing ini bisa melibatkan penggunaan website, perangkat seluler,
media sosial, search engines, dan lain-lainnya. Berkembangnya zaman dan
internet tentu akan memengaruhi perilaku konsumen (consumer behavior)
baik dari cara transaksi maupun cara belanja. Ini tentu yang perlu dipahami
oleh seorang marketer.
Berkembangnya
zaman juga berarti upgrade pendekatan marketing yang sesuai
dengan zamannya pula. Mulai berkembangnya internet pada tahun 1990-an perlahan
memengaruhi perilaku masyarakatnya. Terutama di era yang internet sudah masif ini,
bahkan untuk hal sesederhana belajar pun kini telah beralih ke media digital.
Oleh karena itu, muncullah istilah digital marketing.
Apabila
kita lihat tren pencarian tentang digital marketing ini, dapat kita
lihat bahwa ketertarikannya mulai terus mengalami peningkatan terutama sejak
tahun 2018. Sejak tahun 2018 seluruh negara di dunia mulai terus melakukan digitalisasi
secara masif, sehingga ketertarikan tentang digital marketing ini pun
terus meningkat. Apalagi dengan adanya pandemic di tahun 2020, ini semakin ‘memaksa’
masyarakat untuk cepat beradaptasi terhadap aspek digital karena pada saat itu semua
orang work from home dan harus erat bergantung dengan media digital.
Sebenarnya,
digital marketing ini tidak jauh berbeda dengan marketing tradisional
atau bisa dibilang ‘pemasaran konvensional’. Digital marketing tetap melibatkan
beberapa prinsip yang sama dengan pemasaran konvensional, hanya saja digital
marketing sering dianggap sebagai “a new approach” bagi perusahaan-perusahan
untuk menjangkau konsumen dan memahami perilaku mereka. Perusahaan-perusahaan
juga masih sering menggabungkan teknik pemasaran tradisional dan digital dalam
strategi mereka, ini bisa jadi merupakan pertimbangan untuk menjangkau konsumen
yang masih cenderung berperilaku ‘konvensional’.
Terus,
apa aja sih kelebihan digital marketing?
Pertama,
pemasaran digital itu lebih mudah dan luas jangkauannya. Konsumen yang memiliki
intenet dan smartphone atau perangkat lainnya jelas bisa dijangkau
dengan mudah. Misalnya, dengan pemasaran digital suatu usaha dapat menjangkau calon
konsumen tanpa perlu ada cost untuk cetak brosur dan SDM yang harus
secara manual menyebar brosur. Kedua, jangka waktu yang singkat. Baik
penyebaran maupun evaluasi juga bisa dilakukan dengan cepat. Hal ini
dikarenakan pemasaran memanfaatkan internet dan marketer dapat langsung mengevaluasinya.
Maka, jelas digital marketing ini sangat efisien dibanndingkan pemasaran
konvensional.
Itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai digital marketing yang wajib kamu ketahui. Kamu ingin tahu digital marketing secara lebih lanjut? Atau tertarik mempelajarinya lebih lanjut? Untuk kamu yang tertarik banget tentang digital marketing dan tertarik untuk berkarier di ranah digital marketing tapi bingung mulai dari mana, tenang aja bestie. Kamu bisa ikut Pelatihan dan Sertifikasi Digital Marketing di Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Digital Indonesia.
Komentar
Posting Komentar