Digital Marketing: Things You Need to Know

Di era ini, semuanya selalu tentang digitalisasi dan modernisasi. Di mana digitalisasi ini juga tentunya masuk ke ranah ekonomi dan bisnis. Salah satu istilah yang sering terdengar adalah digital marketing. Pasti banyak orang sudah familiar dengan istilah ini. 

Tapi, kamu udah tahu belum tentang digital marketing?

Oke, buat kamu yang belum tahu, simak postingan ini sampai selesai!

Sumber: pexels.com/@mikael-blomkvist/

Apa itu digital marketing?

Pemasaran digital atau digital marketing merupakan penggunaan atau pemanfaatan media digital untuk memasarkan produk dan layanan untuk menjangkau konsumen. Digital marketing ini bisa melibatkan penggunaan website, perangkat seluler, media sosial, search engines, dan lain-lainnya. Berkembangnya zaman dan internet tentu akan memengaruhi perilaku konsumen (consumer behavior) baik dari cara transaksi maupun cara belanja. Ini tentu yang perlu dipahami oleh seorang marketer.

Berkembangnya zaman juga berarti upgrade pendekatan marketing yang sesuai dengan zamannya pula. Mulai berkembangnya internet pada tahun 1990-an perlahan memengaruhi perilaku masyarakatnya. Terutama di era yang internet sudah masif ini, bahkan untuk hal sesederhana belajar pun kini telah beralih ke media digital. Oleh karena itu, muncullah istilah digital marketing.

Apabila kita lihat tren pencarian tentang digital marketing ini, dapat kita lihat bahwa ketertarikannya mulai terus mengalami peningkatan terutama sejak tahun 2018. Sejak tahun 2018 seluruh negara di dunia mulai terus melakukan digitalisasi secara masif, sehingga ketertarikan tentang digital marketing ini pun terus meningkat. Apalagi dengan adanya pandemic di tahun 2020, ini semakin ‘memaksa’ masyarakat untuk cepat beradaptasi terhadap aspek digital karena pada saat itu semua orang work from home dan harus erat bergantung dengan media digital.

Sebenarnya, digital marketing ini tidak jauh berbeda dengan marketing tradisional atau bisa dibilang ‘pemasaran konvensional’.  Digital marketing tetap melibatkan beberapa prinsip yang sama dengan pemasaran konvensional, hanya saja digital marketing sering dianggap sebagai “a new approach” bagi perusahaan-perusahan untuk menjangkau konsumen dan memahami perilaku mereka. Perusahaan-perusahaan juga masih sering menggabungkan teknik pemasaran tradisional dan digital dalam strategi mereka, ini bisa jadi merupakan pertimbangan untuk menjangkau konsumen yang masih cenderung berperilaku ‘konvensional’.

Terus, apa aja sih kelebihan digital marketing?

Pertama, pemasaran digital itu lebih mudah dan luas jangkauannya. Konsumen yang memiliki intenet dan smartphone atau perangkat lainnya jelas bisa dijangkau dengan mudah. Misalnya, dengan pemasaran digital suatu usaha dapat menjangkau calon konsumen tanpa perlu ada cost untuk cetak brosur dan SDM yang harus secara manual menyebar brosur. Kedua, jangka waktu yang singkat. Baik penyebaran maupun evaluasi juga bisa dilakukan dengan cepat. Hal ini dikarenakan pemasaran memanfaatkan internet dan marketer dapat langsung mengevaluasinya. Maka, jelas digital marketing ini sangat efisien dibanndingkan pemasaran konvensional.

Itu tadi merupakan penjelasan singkat mengenai digital marketing yang wajib kamu ketahui. Kamu ingin tahu digital marketing secara lebih lanjut? Atau tertarik mempelajarinya lebih lanjut? Untuk kamu yang tertarik banget tentang digital marketing dan tertarik untuk berkarier di ranah digital marketing tapi bingung mulai dari mana, tenang aja bestie. Kamu bisa ikut Pelatihan dan Sertifikasi Digital Marketing di Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Digital Indonesia. 


Komentar

Postingan Populer